Senin, 25 Januari 2021

The Power Of Digital marketing di masa pandemi covid-19

 

                                 (sumber gambar : https://elitemarketer.id/  or https://images.app.goo.gl/ )

Saat ini di indonesia bahkan dunia di hadapkan pada permasalahan yang cukup mengerikan yaitu wabah pandemi covid-19 dan sangat mempengaruhi di segala sendi kehidupan terutama dalam hal kesehatan, sosial, ekonomi, pendidikan, bisnis dan pariwisata. Banyak sektor-sektor jasa dan usaha yang mengalami krisis dan daya beli masyarakat yang menurun di tambah lagi PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dimana-mana dan banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan, banyak pabrik dan usaha terpaksa di tutup sehingga masyarakat perlu memikirkan lebih lanjut peluang-peluang lain untuk mendapatkan pemasukan dari sektor usaha lain.

Di masa pendemi covid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini, bagaimana pun harus ada semangat dan kemauan untuk bertahan hidup karena  kehidupan akan tetap terus berjalan dengan kondisi yang serba terbatas, masyarakat di tuntut untuk bisa beradapatasi dengan kenyataan yang ada untuk berbesar hati berdamai dengan situasi pendemi covid-19 dengan menerapkan kehidupan new normal dengan menerapkan 3M (Menggunakan masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak), pengaruh pandemi covid-19 begitu terasa terlihat dari aktivitas perdagangan yang menurun dan ketidakstabilan ekonomi sehingga mau tidak mau masyarakat harus tetap produktif dan kreatif untuk mendapatkan penghasilan dan kondisi saat ini memang sangat perlu campur tangan dari pemerintah untuk memberikan bantuan stimulus ekonomi kepada para penggiat UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) agar tetap bertahan dari kondisi yang serba sulit ini.

Dengan semangat untuk tetap maju dan dorongan pemerintah untuk mendukung keberadaan UMKM (Usaha Mikro,Kecil dan Menengah)  yang bisa membantu pemerintah dalam peningkatan ekonomi nasional maka masyarakat perlu untuk bisa berinovasi dan menemukan ide-ide baru terlebih membuka bisnis di era yang serba digital yang di dukung dengan kemudahan akses internet dan social media serta di dukung teknologi smartphone yang semakin canggih maka akan sangat memudahkan masyarakat untuk memasarkan hasil produksi namun tidaklah cukup hanya berbekal perangkat seadanya tapi harus mengatur strategi agar bisnis yang kita jalankan tetap bertahan dan berkelanjutan bahkan semakin berkembang.

                            (sumber gambar : https://www.yuksinau.id/ or https://images.app.goo.gl )

Sebelum lebih detil membahas tentang strategi dan promosi secara digital, perlu di pahami terlebih dahulu yang di maksud Digital marketing adalah segala cara promosi atau kegiatan pemasaran yang di lakukan melalui internet dengan sarana perangkat digital, Digital marketing sangat penting karena dengan menggunakan sarana internet dengan harga yang murah dan proses nya cepat sehingga memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha untuk mempromosikan produk barang dan jasa yang di jual, semakin lengkap sarana dan prasarana pendukung yang di gunakan untuk promosi maka semakin besar peluang produk dan jasa kita terjual, berikut bentuk-bentuk sarana digital marketing yang memiliki kemampuan promosi yang dapat di gunakan yaitu:

1.     Website bisnis profesional yang selalu aktif 24 jam sebagai sarana informasi yang berisi tentang tulisan , gambar, video, artikel produk dan jasa termasuk spesifikasi dan informasi lainnya yang mendukung penjualan, tidak hanya sekedar website namun  harus di optimalkan menjadi website berperingkat / memiliki ranking bagus di SEO (Search Engine Optimization) dalam sistem pencarian informasi di Google.

2.    Social media (Instagram, Facebook, Whatsaaps, twitter, Youtube dll) sebagai salah satu cara termudah dan tercepat  dengan membuat content marketing digital yang menarik berupa gambar dan video yang bisa  menunjukkan keunggulan produk kita di banding dengan produk lainnya agar tidak kalah dengan pesaing lainnya sehingga memudahkan customer untuk mendapatkan informasi dan penawaran produk dan jasa kita, contohnya memposting gambar dan tulisan di feed dan story instagram, memposting  status di facebook, memposting status whatsapps di komunitas atau group yang kita ikuti, dan selalu update content youtube sehingga informasi terbaru di dapatkan oleh customer)

3.    Email marketing lebih efektif karena kebanyakan customer memiliki email pribadi (gmail – goggle mail) sehingga terhubung  secara personal dengan customer dan akan langsung memberikan informasi berupa katalog dan price list penawaran produk dan jasa langsung ke pihak yang bersangkutan.

4.    Iklan Online yang tersedia di google ads, instagram ads, dan Facebook ads lebih efektif dan efisien karena akan langsung di lihat oleh customer di media tersebut.

5.    Melalui Google bisnisku sebagai sarana yang tepat karena sebagian besar orang akan mengakses di google search dan dengan google bisnisku kita bisa memberikan informasi berupa nama bisnis kita, alamat, lokasi detil melalui maps google termasuk tanya jawab  langsung di kolom yang di sediakan sehingga kita bisa langsung berinteraksi dengan customer.

                                         (sumber gambar : https://www.folderbisnis.com/)

Nah setelah di dukung dengan sarana dan prasarana yang memadai perlu juga analisa yang tepat, skill ber promosi, dan memiliki arah dan tujuan bisnis yang jelas dalam menggunakan sarana digital marketing dan saat ini sudah banyak kursus digital marketing yang dapat meningkatkan skill kita agar sarana dan prasarana promosi kita dapat di gunakan secara maksimal dan dapat mencapai tujuan bisnis kita, saat ini sudah banyak bermunculan toko-toko atau merchant online, jual beli produk barang dan jasa secara online dan semakin banyak juga pesaing yang kompetitif oleh karena itu perlu di perhatikan hal-hal berikut :

1.     Memilih produk barang dan jasa yang jarang di pasarkan orang lain atau produk barang dan jasa yang baru sebagai hasil dari inovasi yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat yang akan lebih mudah di lirik orang atau menjual barang dan jasa meskipun sama produk dan jasa setidak nya perlu memahami produk barang dan jasa yang kita jual agar memiliki kelebihan atau keunggulan yang memiliki nilai jual tinggi sehingga berpotensi di beli oleh customer secara berkelanjutan.

2.    Menentukan pasar yang berpotensi (target market) yang di sesuaikan dengan barang dan jasa yang kita jual agar tepat sasaran dan mengurangi potensi kerugian atas promosi yang tidak sesuai dengan tujuan pasar yang tepat.

3.    Pebisnis perlu melakukan ekstra layanan customer ( after sales) khusus nya berkaitan dengan tanya jawab customer secara online, penanganan komplain handling dan dalam hal memberikan solusi yang tepat atas permasalahan yang muncul sehingga customer mendapatkan perhatian lebih.

                                                (sumber gambar : https://news.detik.com/)
 

Di masa pandemi, aktivitas media secara digital semakin meningkat, segala kegiatan di lakukan di rumah secara online baik transaksi jual beli di merchant-merchant online akan menjadi trend dan berlangsung secara terus menerus dan sudah sangat tepat bagi UMKM dan pengusaha online menggunakan media digital sebagai sarana promosi khusus nya dalam masa pandemi covid-19 dalam memasarkan produk barang dan jasa untuk meningkatkan daya beli masyarakat, menciptakan lapangan pekerjaan baru dan sekaligus memperbaiki stabilitas ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sukses bisnis rumah kost di dukung oleh Asus ExpertBook B5 series

Seneng banget asus mengadakan rentetan lomba blog sampai bingung ikut yang mana, akhirnya ikut kedua-dua nya deh karena selain hadiah nya me...